Cara Bobok Knalpot Standar Bersuara Adem

Cara Bobok Knalpot Standar Bersuara Adem – Mengganti knalpot standar dengan knalpot racing masih di gemari oleh para kaulamuda saat ini. Mungkin sobat OTOSatu yang sedang membaca artikel ini juga memiliki tujuan untuk mengganti knalpot motornya dengan racing agar suara yang keluar semakin gahar dan terkesan macho. Untuk modifikasi knalpot racing, sobat memiliki dua pilihan. Pilihan yang pertama adalah membeli knalpot racing yang sudah jadi, dan pilihan yang kedua adalah memodifikasi kenalpot bawaan motor menjadi racing.

Mungkin bagi sobat OTOSatu yang memiliki budget cukup lebih memilih membeli knalpot racing yang sudah jadi dan ber-merk ketimbang harus membobok knalpot standar bawaan yang masih original. Akan tetapi bagi sobat yang tidak memiliki budget, solusi terbaik jika sobat ingin motornya bersuara gahar adalah dengan membobok kenalpot standar tersebut. Salah satu kelebihan bobok knalpot standar adalah bentuk kenalpotnya yang tidak berubah masih sama seperti bawaan pabrik, namun suara yang keluar tidak kalah gahar dengan knalpot racing yang sudah jadi.

Ngmong-ngomong soal suara bobokan knalpot, ini tergantung dari skill si pembobok tersebut. Jika yang bobok masih belum berpengalaman, tidak jarang suara yang dihasilkan akan cempreng tidak segahar yang di harapkan. Nah, oleh karena itu, anda bisa mencoba memodifikasinya sendiri, agar suara bisa anda stel sendiri nantinya. Pada kesempatan ini kami akan mengulas cara membobok knalpot standar agar suara yang di hasilkan bisa adem tatapi tetap gahar, yang bisa anda coba praktekan sendiri.

Dalam tutorial ini, kami menggunakan motor Yamaha Vega Zr tahun 2009. Namun nantinya tutorial ini bisa di terapkan pada semua jenis motor seperti Mio, Satria Fu, Supra X 125 atau bahkan Ninja Warrior sekalipun. Baiklah langsung saja simak tutorialnya berikut ini:

Lihat Juga: Cara Modifikasi Motor yang Baik dan Benar

Bahan-Bahan Yang Harus di Persiapkan

  1. Gergaji Besi /Atau Gerinda Tangan
  2. Las Karbit
  3. Saringan dari bahan plat
  4. Pipa (sesuaikan dengan lubang kenalpot)
  5. Peredam / Glasswool

Tahap Pembuatan:

1. Buka Tabung Bagian Depan Menggunakan Gergaji / Gerinda

Tahap pertama silahkan anda buka tabung bagian depan menggunakan gergaji besi agar hasilnya bisa lebih halus. Bisa juga menggunakan gerinda tangan agar lebih cepat namun hasilnya biasanya kurang rata.

2. Lepas Bendungan / Skat Knalpot Standar Menggunakan Las Karbit

Pada knalpot bawaan biasanya terdapat dua bendungan udara atau biasa di sebut sekat. Bendungan ini tergantung dari jenis motor, ada yang 2 bendungan dan ada yang 3. Dalam motor Yamaha Vega Zr hanya terdapat 2 bendungan saja. Maka ke dua bendungan tersebut harus di lepas.

3. Siapkan saringan plat & pipa lalu sesuaikan dengan ukuran pipa

Setelah bendungan udara sudah di lepas, langkah selanjutnya menyiapkan pipa dan saringan plat. Silahkan ukur sesuai dengan lubang bawaan knalpot.

Hingga membentuk seperti gambar di bawah ini:

4. Sesuaikan panjang Pipa Dengan Knalpot

Silahkan sobat sesuaikan panjang pipa dengan kenalpot lalu potong pipa tersebut.

Namun perlu di perhatikan panjang pipa harus sedikit menonjol kebagian luar agar pas pada bagian luar penutup knalpot. Perhatikan gambar di bawah ini:

5. Balut pipa tersebut dengan peredam / glasswool

Silahkan balut pipa yang sudah di buat dengan peredam agar suara tidak cempreng. Jika tidak ada peredam, sobat bisa menggunakan bahan alternatif yaitu softek / pembalut. Namun jika menggunakan pembalut tidak bisa bertahan lama, karena nanti pasti akan terbakar. Gunakan pembalut hanya untuk sementara saja, satu atau dua hari.

Selesai, tahap terkahir silahkan sobat satukan kembali bobokan kenalpotnya dengan menggunakan las karbit.

Gimana? Cukup mudah bukan membuat bobokan knalpot sendiri. Untuk suara bisa sobat sesuikan sendiri dengan mengatur panjang saringan dan ketebalan pipa. Jika ingin suara ngebas balutan peredam harus padat.

Demikianlah cara bobok knalpot standar bersuara gahar, semoga ulasan ini bermanfaat untuk sobat semua. Jika masih ada yang kurang paham sobat bisa menanyakan pada halam kontak blog OTOSatu. Salam otomotif!

Thanks to:

  • Rizracing Rizal (Mekanik) FB: https://www.facebook.com/rizracink.rizal
  • Bengkel Irenk Service
Cara Bobok Knalpot Standar Bersuara Adem | Admin | 4.5