12 Cara Merawat Mesin Motor Ninja R

12 Cara Merawat Mesin Motor Ninja R – Kawasaki Ninja R cukup populer bagi para pecinta otomotif, motor sport keluaran pabrikan Kawasaki dengan mesin bertenaga 150 cc dan 250 cc. Dengan rangka alumuium yang terlihat gagah namun tetap ringan sehingga tidak mempengaruhi dalam kecepatannya melaju di jalanan. Hal ini didukung dengan harganya yang cukup bersahabat untuk ukuran motor sport.

Sepeda motor bermesin 2 tak memang dikenal dengan akselerasi serta tenaga yang boleh dibilang dahsyat dengan kelas sejenisnya. Dengan tetap terjaganya performa motor tentunya dapat menjadi kebanggan tersendiri bagi penunggangnya. Berikut ini ada beberapa tips Cara Merawat Mesin Motor Ninja R untuk menjaga performanya agar tetap handal dan lincah di jalanan:

Baca Juga: Gambar Motor Sport Paling Keren

1. Radiator
Disebutkan bahwasanya Motor Ninja R merupakan motor sport pertama yang menggunakan radiator sebagai sistem pendingin mesin. Periksa air radiator serta kelayakan selang radiator secara periodik, untuk menghindari mesin cepat panas.

2. Oli Samping
Ganti oli secara teratur, dan hindari mencampur oli gunakan 1 merk saja.

3. Busi
Bersihkan, pada umumnya busi akan mengalami penurunan performasi dan perlu diganti saat mencapai 3000km. Periksa juga kelayakan kabel busi dan cuk.

4. Super Kips
Sering-sering bersihkan untuk menghindari kerak dan kotoran yang dapat menyebabkan stagnasi bahkan mengganggu fungsinya.

5. Kalbulator

  1. Bersihkan filter udara/penampung debu.
  2. Bersihkan karbulator
  3. Setel Tinggi Pelampung
  4. Rakit kembali Kalbulator

6. Accu
Cek kondisi accu, jika aki tekor alangkah baiknya segera ganti yang baru.

Baca Juga: Cara Bobok Knalpot Standar Bersuara Adem

7. Oli Mesin
Gantilah oli mesin setiap 100km agar performa mesin tetap terjaga dan mesin tetap awet.

8. Pengereman
Cek kampas rem jika dirasa sistem pengereman terasa kurang optimal demi keselamatan saat berkendara.

9. Gir dan Rantai
Periksa kelayakan serta tingkat kekencangan rantai, pastikan tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kendur juga. Ganti gir jika kondisinya sudah aus karena pemakaian.

10. Kelistrikan dan Kabel
Untuk menghindari korsleting, pastikan semua kabel kelistrikan cukup layak dan terpasang dengan baik.

11. Kabel Gas
Anda dapat semprotkan dengan cairan anti karat. Bersihkan dengan rutin agar terhindar dari karat atau kotoran lain yang dapat mengganggu kenyamanan tarikan saat menarik gas.

12. Ban dan Tekanan Angin
Periksa dan pastikan permukaan ban layak jalan yang dapat berakibat licin saat pengereman ataupun meletusnya ban karena tekan berlebih pada ban.

Baca Juga: Daftar Motor Yamaha 150cc Terbaru

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Cara Merawat Mesin Motor Ninja R. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat serta dapat menjadi refernsi bagi anda dalam menjaga performa tunggangan Motor Ninja R anda agar awet dan tetap handal di jalanan, terlebih lagi apabila anda sering menggunakannya untuk kegiatan touring atau perjalanan jauh. Salam otomotif!

12 Cara Merawat Mesin Motor Ninja R | Admin | 4.5