Honda CBR 150 – Review Terlengkap 2018

Honda CBR 150 adalah inovasi terbaru yang dilakukan oleh perusahaan ini. Honda adalah perusahaan terkenal yang telah menciptakan berbagai merek motor berkualitas tinggi untuk para penggunanya. Dulu sebutan untuk Honda adalah Old dan sebutan tersebut sudah berubah menjadi All New.

Hadirnya motor ini semakin membuat persaingan motor sport kelas 150cc semakin ketat. Motor ini menjadi pesaing paling berat untuk Kawasaki Ninja, Yamaha Xabre, Yamaha Vixion Advance, dan lain sebagainya.

Motor ini memiliki performa yang lebih tangguh dibandingkan dengan generasi lama. Motor ini dilengkapi dengan tampilan yang lebih segar, agresif, warna dan desain baru.

PT Astra Honda Motor mengharapkan motor ini dapat meningkatkan penjualan Honda dan menjadi motor sport yang disukai oleh pengguna. Jika dilihat lebih cermat, tampilan motor ini memang terlihat lebih garang dibandingkan tipe pendahulunya.

Sebelumnya Honda sudah merilis CB150R Facelift dan penjualan motor ini belum mencapai target yang diinginkan oleh Honda. Artikel ini akan membahas spesifikasi, desain, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh motor ini sehingga pengguna dapat mengetahui motor ini secara detail.

Spesifikasi honda cbr 150 indonesia

 

 

 

Spesifikasi Honda CBR150

Mesin
Tipe Mesin 4-Langkah, DOHC – 4 Katup
Volume Langkah 149,16 cc
Sistem Pendingin Liquid Cooled with Auto FAn
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Diameter x Langkah 57,3 x 57,8 mm
Tipe Transmisi  Manual, 6 kecepatan
Perbandingan Kompresi 11,3:1
Daya Maksimum 12,6 kW (17,1 PS / 9.000 rpm )
Torsi Maksimum 14,4 Nm (1.47 kgf.m / 7.000 rpm )
Pola Pengoperan Gigi 1-N-2-3-4-5-6
Tipe Starter Elektric Starter
Tipe Kopling Wet
Kapasitas Minyak Pelumas 1,1 Liter
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi 1.983 x 694 x 1.038 mm
Jarak Sumbu Roda 1.311 mm
Jarak Terendah ke Tanah 166 mm
Ketinggian Tempat Duduk 787 mm
Curb Weight 135 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 12 Liter
Rangka
Tipe Rangka Diamond (Truss) Frame
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Pro-Link)
Ukuran Ban Depan 100/80 – 17 52P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang 130/70 – 17 62P(Tubeless)
Tipe Rem Depan Cakram Hidrolik
Tipe Rem Belakang Cakram Hidrolik
Kelistrikan
Sistem Pengapian Full Transisterized
Tipe Baterai/Aki MF Wet 12V 5Ah
Tipe Busi NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9

Mesin motor ini menggunakan 4-katup silinder tunggal dan DOHC. Motor ini memiliki kapasitas 150 cc dengan volume langkah 149,16 cc. Daya maksimal yang dapat dihasilkan oleh mesin ini adalah 12,6 kW/ 9.000 rpm.

Honda CBR 150 ini dilengkapi dengan gigi otomatis dan starter elektrik. Torsi maksimal yang dihasilkan oleh motor ini adalah 13,7 Nm/ 7.000 rpm. Tipe kopling pada mesin ini adalah wet multiple. Honda CBR 150 Indonesia memiliki transmisi manual dengan 6 kecepatan.

Kapasitas tangki motor ini adalah 12 liter. Tipe rangka dari motor ini adalah diamond truss dengan teleskopik untuk suspensi depan.

Suspensi belakang menggunakan suspensi tunggal yang dilengkapi dengan sistem Pro-Link.

Rem depan menggunakan cakram hidrolik dan piston ganda.

Sedangkan rem belakang menggunakan piston tunggal. Sistem pengapian pada  motor cbr 15 ini menggunakan full transistorized. Baterai yang digunakan adalah MF 12V -5 Ah.

Desain

honda cbr 150

Honda telah mendesain lampunya sehingga tampak lebih keren. Lampu tersebut juga sudah menggunakan teknologi Light Emitting Dide (LED). Teknologi ini menghasilkan lampu yang memiliki daya hebat dan terang. Bukan hanya digunakan untuk headlamp, tetapi juga stop lamp.

Honda CBR 150 memiliki desain yang lebih fresh dengan berbagai variasi warna sehingga pengguna dapat memilih warna yang sesuai dengan keinginannya. Striping pada motor baru ini juga terlihat lebih trendy dan keren. Ini sangat berbeda dengan generasi terdahulu yang terlihat polos dan membosankan.

Honda berharap motor ini dapat menarik banyak pengguna karena motor ini memiliki empat variasi warna yang terdiri dari Repsol Spesial Motogp, Revolution White, Racing Red, dan Nitro Black.

Performa Mesin

Jika harga motor honda ini mahal, maka harga tersebut sebanding dengan performa yang diberikan oleh motor ini. Mesin 4 langkah DOHC dengan 6 percepatan serta pendingin cair yang dapat menjaga mesin motor tetap dingin dan stabil adalah kualitas terbaik yang akan dinikmati oleh para pengguna dengan membeli motor ini.

Dengan putaran mesin 9000 rpm dan torsi 7000 rpm, performa motor ini lebih baik dibandingkan merek lainnya. Tenaga motor ini juga lebih responsif dengan power yang super halus.

 

Fairing dan Speedometer

honda cbr 150

Motor ini memiliki fairing yang lebih futuristik dan aerodinamik. Anda bisa melihat lekukan tajam pada fairing dari motor ini. Lekukan tersebut terlihat keren dan menawan. Fairing motor ini mirip dengan Kawasaki Ninja 250 namun fairing pada Honda terlihat kaku dan lebih kecil.

Motor ini terlihat semakin menarik karena speedometer full digital dengan fitur yang sangat lengkap. Fitur tersebut adalah indikator kecepatan, indikator bensin, indikator jam, indikator untuk rpm mesin, dan indikator gear. Fitur paling baru adalah tulisan See You pada layar tersebut saat anda mematikan motor ini. Sedangkan ukuran ban, suspensi, dan model velg pada motor ini hampir sama dengan CB150R Streetfire.

Kelebihan

Motor ini memiliki desain yang sempurna dengan struktur body yang terlihat fresh dan garang. Front cowl memiliki desain meruncing dengan body belakang yang terlihat sporty. Motor ini juga memiliki dimensi yang membuat pengguna merasa nyaman. Mesin dengan percepatan yang menakjubkan dan performa yang tangguh saat anda menaiki motor ini. Kipas elektrik otomatis dan teknologi pendingin cair membuat motor ini tetap stabil meskipun anda menggunakannya untuk perjalanan jauh. Rangka motor ini terbukti kuat karena diamond frame. Anda juga lebih mudah mengendalikan motor ini dengan rangka tersebut. Teknologi PGM-Fi digunakan untuk sistem supply bahan bakar yang ramah lingkungan. Speedometer juga memuat informasi lengkap dan akurat untuk pengguna.

 

Kekurangan

Motor ini masih memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan pertama adalah posisi tombol klakson yang tinggi dan jauh sehingga pengguna susah untuk menjangkau tombol tersebut. Jika anda memiliki jari pendek, maka anda akan sedikit kesulitan untuk menyentuh tombol klakson.

Spion bawaan tidak dapat dilipat sehingga banyak pengguna yang membeli spion lain di toko aksesoris motor. Desain firing memang sudah cukup bagus namun ada beberapa bagian yang terlihat kosong dan longgar. Di sela-sela fitting dan bagian pojok terlihat kurang rapi.

Kekurangan lain yang paling disayangkan dari motor ini adalah tidak dilengkapi dengan engine cut off. Ini adalah sistem mematikan mesin tanpa membuat pengguna harus mematikan sistem elektronik.

Motor ini memiliki bobot 135 kg yang lebih berat dibandingkan dengan motor lain. Suspensi depan masih mengadopsi teleskopik sehingga menjadikan suspensi dan redaman menjadi agak keras.

Harga

Motor ini memiliki harga yang cukup terjangkau untuk performa mesin yang disuguhkan oleh motor ini. Dengan berbagai keunggulan tersebut, maka harga motor ini sepadan dengan kualitas yang diberikan oleh motor ini untuk pengguna.

Ada beberapa warna yang memiliki harga berbeda. All New CBR 150R Revolution White dijual dengan harga Rp 32,650,000.

All New CBR 150R Nitro Black dapat diperoleh dengan harga Rp 32,650,000.

Anda bisa membawa pulang All New CBR 150R Racing Red dengan menyiapkan Rp 33,250,000.

Terakhir adalah All New CBR 150R MotoGP Racing Edition yang dijual dengan harga Rp 33,450,000.

Harga tersebut dapat  mengalami perubahan berbeda – beda tergantung lokasi.

Sekian, informasi detail dan daftar harga dari Honda CBR 150.

Honda CBR 150 – Review Terlengkap 2018 | Admin | 4.5