Toyota Calya 2018 – Harga dan Review

Toyota Calya 2018. Toyota Calya yang diambil dari nama bahasa Sanskerta yang mempunyai arti terjemahan “Sempurna” adalah salah satu MPV merek Toyota yang diproduksi sejak tahun 2016 dan secara resmi diluncurkan tanggal 2 Agustus 2016 di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show.

Mobil ini merupakan “Anak” dari hasil kolaborasi antara dua otomotif raksasa Indonesia yaitu Daihatsu dan Toyota. Desain Platform mobil ini dibentuk oleh Daihatsu sedangkan untuk mesin dilengkapi oleh Toyota.

MPV yang satu ini diwacanakan untuk bersaing di kategori kelas di bawah Xenia dan Avanza.

Pesaing langsung untuk mobil ini adalah Daihatsu yang biasa disebut juga sebagai Saudara kembarnya dan juga Datsun Go+.

Toyota Calya adalah mobil tipe LCGC atau Low Cost Green Car yang dipasarkan dengan harga yang sangat terjangkau untuk masyarakat. Mobil ini ditargetkan untuk penggunaan segmen mobil keluarga dengan kapasitasnya yang mampu menampung 7 penumpang.

Sejak diluncurkan, mobil ini sangat laris dan beredar dengan sangat cepat di pasaran karena komposisinya yang sangat cocok dengan karakter masyarakat Indonesia. Selain itu, dengan semakin populernya taksi online yang sekarang sedang marak di Indonesia, semakin juga banyak pembeli yang menggunakan iritnya penggunaan bensin mobil ini untuk menjalankan bisnis taksi online tersebut.

harga toyota calya

Sekilas Spesifikasi Mobil Toyota Calya

Seperti yang disebutkan bahwa Toyota Calya merupakan mobil LCGC yang mengincar segmen masyarakat kelas menengah ke bawah. Oleh karena itu, yang diutamakan kelas masyarakat tersebut adalah efisiensi dan kehematan dalam penggunaan bahan bakar.

Mobil Toyota Calya ini menggunakan Engine Mesin yang berkapasitas 1197 cc untuk penghematan dalam penggunaan bensin. Tetapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk tenaga yang dihasilkan walaupun dengan kapasitas engine mesin yang sedikit kurang dari mobil standar seperti avanza ataupun xenia, karena mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-I yang mampu menghasilkan tenaga lebih besar dan meningkatkan kemampuan kompresi.

Akan tetapi, dikarenakan mobil ini menggunakan teknologi Dual VVT-I, jadi tidak disarankan untuk menggunakan bahan bakar yang kadar oktannya di bawah 92 atau Pertalite.

Untuk Warna Exterior, Toyota Calya available dalam berbagai pilihan warna yaitu hitam, putih, silver, Gray, merah dan orange. Pilihan yang lebih populer dan memiliki nilai harga jual kembali lebih tinggi masih di warna hitam, putih dan silver.

Sedangkan untuk warna lain dikategorikan memiliki harga jual yang lebih rendah karena peminatnya di pasar otomotif lebih sedikit.

Calya memiliki empat varian harga yang available untuk dipilih langsung oleh masyarakat yaitu E MT, E AT, G MT, dan G AT.

Untuk versi manual, Toyota Calya dilengkapi dengan 5 transmisi manual dan 1 transmisi Reverse.

Kesan yang diberikan oleh Toyota Calya ini adalah kesederhanaan yang dikombinasikan dengan desain mobil zaman kini.

Konsep “Keen Look” yang merupakan kebanggaan Toyota juga dihadirkan dalam mobil ini.

Desain kabin yang cukup luas memberikan tambahan nilai plus untuk mobil dengan harga yang sangat terjangkau ini.

Tampilan dashboardnya yang dilengkapi dengan system multi-layer dashboard menimbulkan kesan kemewahan tersendiri dalam kesederhanaan interior mobil ini.

Mobil besutan Toyota dan Daihatsu ini juga menggunakan konsep Bubble head lining yang membuat atap mobil menggembung ke atas dengan tujuan agar penumpang baris ke 2 dan ke 3 mobil ini terasa luas dan nyaman berada dalam kabin mobil walaupun memiliki atap yang bisa dibilang cukup rendah.

Harga mobil Toyota Calya

Kisaran harga mobil Toyota Calya ini dibanderol oleh Toyota dengan kisaran harga mulai dari Rp. 132 juta ++ sampai Rp. 140 juta ++ untuk varian E MT dan E AT.

Sedangkan untuk varian G MT dan G AT dibanderol dengan kisaran harga Rp.140 juta ++ sampai dengan Rp.150 juta ++.

Kisaran harga yang disebutkan adalah kisaran harga yang ditentukan oleh Toyota untuk wilayah DKI Jakarta.

Untuk wilayah Indonesia yang lain harganya berbeda-beda.

Untuk daerah Kalimantan biasanya kisaran perbedaan harganya sekitar Rp.10 Jutaan lebih mahal dari wilayah DKI Jakarta.

Walaupun terkesan cukup mahal untuk kategori mobil LCGC, tetapi untuk kisaran harga mobil MPV 7 penumpang ini sudah bisa dikategorikan “Worth it” untuk kelas ekonomis yang berdiri setingkat di atas kelas LCGC Hatchback Ayla ataupun Agya.

Perbandingan Toyota Calya dengan Daihatsu Sigra

Mungkin banyak sekali yang menanyakan apa sebenarnya perbedaan antara Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Dikarenakan tampilan sekilas dari exterior mobil untuk kedua mobil ini sangat mirip. Keduanya memiliki perbedaan harga pasar lebih dari 10 juta rupiah untuk Calya.

Jadi apa yang membuat harga Toyota Calya lebih mahal daripada Daihatsu Sigra yang kelihatannya hampir sama? Berikut adalah sekilas fitur yang membuat Calya lebih dominan dan mahal:

1. Dual Airbags

Fitur keselamatan yang satu ini merupakan fitur yang sudah pasti dapat ditemukan di Toyota Calya baik itu di varian G ataupun varian E yang lebih rendah. Sedangkan di Daihatsu Sigra, hanya tipe varian tertentu saja yang memiliki fitur keselamatan Dual Airbags ini.

2. Exterior Differences

Mungkin sekilas dari exterior untuk kedua mobil tipe MPV ini memang terlihat sama, tetapi jika diperhatikan dengan lebih seksama dan juga teliti, exterior mobil ini jelas memiliki perbedaan.

Salah satu contoh perbedaan exterior-nya yang mudah untuk dilihat adalah fog lamp dari Calya memiliki desain yang lebih minimalis dibandingkan dengan Sigra yang desain fog lampnya lebih lebar dan berbentuk seperti sebuah Gril.

Contoh perbedaan untuk exterior juga terlihat di bagian samping kedua mobil ini. Bagian samping Daihatsu Sigra memiliki bentuk desain yang lebih stylish karena dilengkapi aksesoris moulding chrome. Sedangkan untuk rivalnya Calya memiliki bentuk desain yang lebih minimalis dengan lekukan yang dinamis.

3. Perbedaan Engine Mesin

Toyota Calya tetap memprioritaskan keunggulannya dalam mesin dengan engine-nya yang 1197 cc dan system VVT-I walaupun berakibatkan lebih mahal daripada pesaingnya Sigra. Dikarenakan Toyota ingin tetap menjaga kualitas keunggulannya walaupun bersaing dalam mobil kelas LCGC.

Sedangkan untuk Sigra lebih menjaga keunggulannya di bidang “Affordable Price” di masyarakat dibandingkan keunggulan kualitas mobilnya.

Daihatsu Sigra menyiapkan empat varian mobil yang bisa dipilih oleh pembeli yaitu Tipe D dan M yang memiliki kapasitas mesin 1.000 cc dan juga tipe X dan R yang dilengkapi dengan kapasitas mesin 1.200 cc.

Masing- masing dari varian tersebut juga diklasifikasikan lebih lanjut lagi dengan pilihan transmisi manual atapun automatic.

Oleh karena perbedaan strength yang ditonjolkan masing-masing pabrikan, pasaran harga Daihatsu selalu lebih murah dibandingkan Toyota untuk kategori kelas yang sama.

Semoga dengan review singkat dari artikel ini bisa membantu meningkatkan pengetahuan anda untuk sekilas informasi mengenai perbedaan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra juga seputar mobil Toyota Calya 2018.

Toyota Calya 2018 – Harga dan Review | Admin | 4.5